Thursday, October 25, 2018

kapan sebaiknya perusahaan manufaktur menerapkan software ERP

Kapan Sebaiknya Perusahaan Manufaktur Menerapkan Software ERP?

By Freddy, 20 Maret 2018
Google Plus Share   Facebook Share   Linkedin Share

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) saat ini tengah digadang-gadangkan sebagai salah satu kendaraan yang mempermudah perusahaan melakukan proses bisnis. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana jika perusahaan manufaktur menerapkan sistem ERP.
Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang produknya berupa bahan baku atau barang setengah jadi. Artinya, perusahaan ini adalah rantai awal dalam pendistribusian produk ke berbagai usaha lain seperti distributor atau langsung ke pengecer. Sedangkan dalam ekonomi pasar bebas, manufacturing biasanya diartikan dengan produksi secara massal untuk dijual ke pengecer demi memperoleh keuntungan.
Perusahaan manufaktur memiliki karakteristik seperti:
  • Pengolahan material dan hasil produksi
  • Punya mesin dan skala yang besar
  • Ada biaya produksi dari mulai biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead
Menurut World Bank pada tahun 2012, Indonesia adalah salah satu negara dengan manufacturing terbanyak di dunia, yakni urutan 12 dengan jumlah pabrik 186.744. Adapun beberapa contoh perusahaan manufaktur di Indonesia adalah manufaktur tekstil, manufaktur garmen, manufaktur keperluan rumah tangga, manufaktur otomotif, manufaktur elektronik, dan lain-lain.
Sistem ERP sendiri adalah sistem terintegrasi yang bertujuan merangkum proses bisnis menjadi satu kolaborasi efektif serta efisien. Dengan sistem ini, semua aktivitas bisnis dalam suatu usaha akan berjalan dengan sangat baik.
Menurut Daniel E O'Leary, sistem ERP memiliki karakteristik, yakni:
  • Memadukan sebagian besar dari proses bisnis
  • Memproses sebagian besar proses bisnis
  • Menyimpan setiap data sekali saja
  • Menunjang multi mata uang dan bahasa
  • Memungkinkan penyesuaian kebutuhan khusus perusahaan
Pada awal tahun 1960-an, sistem informasi bernama Material Requirement Planning(MRP) adalah awal terbentuknya ERP software. Proses terbentuknya dengan konsep perencanaan kebutuhan material dengan fungsi pada area/bagian Inventory Managementdan Company Production.
Pada tahun 1970-an, MRP pun berkembang menjadi close-loop MRP dan berubah kembali menjadi MRP II (Manufacture Planning) pada tahun 1980-an. Hingga akhirnya pada tahun 1990-an MRP berkembang menjadi ERP.

Lalu kapan saat yang tepat perusahaan manufaktur menerapkan sistem ERP?

Di era yang serba cepat ini, semua perusahaan tentu membutuhkan teknologi mutakhir untuk menjalankan bisnisnya menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan sistem ERP, semua data bisa diakses dengan menggunakan database skala enterprise.
Ketika sebuah perusahaan manufaktur berkembang dengan sangat besar dan cepat, tentu semua kebutuhan bisnis harus dipenuhi dengan maksimal. Tak mungkin kan bila sebuah perusahaan manufaktur dengan skala besar masih harus memakai kertas, buku atau bahkan spreadsheet untuk menyimpan datanya?
Perusahaan manufaktur yang sudah membuka cabang juga bisa diuntungkan dengan sistem ERP, terlebih dengan sistem Cloud ERP. Sistem cloud ERP memungkinkan pengusaha untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun selama masih terhubung dengan internet.
Sistem ERP memang biasanya sudah dipadukan dengan teknologi cloud computinguntuk mempermudah user melakukan penginputan. Jika sistem ERP konvensional hanya memungkinkan Anda mengakses data di area server lokal, maka dengan sistem cloudERP, Anda bisa mengaksesnya kapan saja selama internet masih bisa Anda dapatkan.
Jadi ketika ada pertanyaan kapan sebaiknya perusahaan manufaktur menerapkan sistem ERP, maka jawabannya adalah sesegera mungkin ketika perusahaan sudah berkembang dengan besar dan cepat. Anda tak ingin aktivitas perusahaan menjadi lebih lama dan mahal karena tak mau mengikuti perkembangan zaman, kan?

Implementasi ERP

Dengan teknologi yang serba cepat ini, tentu sebuah bisnis, termasuk perusahaan manufaktur sangat memerlukan sistem seperti ERP. Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, sistem ERP memiliki kelebihan seperti:
  1. Semua elemen perusahaan seperti accounting, human resource, puchase dan lain-lain terintegrasi menjadi satu.
  2. Pengambilan keputusan bisa diambil secara cepat dan efisien.
  3. Pengaksesan bisa dilakukan dimana saja jika Anda memakai sistem cloud computing, selama Anda memiliki perangkat yang bisa terhubung dengan internet.
  4. Melancarkan pelaksanaan manajemen supply chain yang membantu manjaga persediaan agar sesuai.
  5. Memungkinkan manajemen mengelola operasi dan tidak hanya mengawasi.
  6. Pelacakan pemesanan dan penerimaan sampai fulfillment.
  7. Mengatur saling ketergantungan dari proses penagihan material yang kompleks.
  8. Efisiensi perusahaan tak perlu membayar semua pemeliharaan hardware, biaya listrik yang besar, pegawai IT, serta penjaga server di kantor. Tarif internet yang saat ini ada pun sudah sangat terjangkau oleh para perusahaan distributor.
Penerapan sistem ERP tergantung pada ukuran bisnis, ruang lingkup dari perubahan dan peran serta pelanggan. Jadi yang harus Anda lakukan untuk menerapkan sistem ERP adalah:
  1. Mengidentifikasi data yang akan dimigrasi
  2. Menetukan waktu migrasi
  3. Merancang template data
  4. Tentukan alat migrasi
  5. Memutuskan persiapan yang berkaitan dengan migrasi
  6. Menentukan pengarsipan data
Walau sebetulnya ERP sudah sangat dibutuhkan banyak perusahaan, sayangnya kesadaran akan pentingnya sistem ini masih tergolong rendah. Padahal dengan sistem ini, perusahaan bisa bersaing dengan optimal. Sebagian orang pasti berpikir bahwa ERP hanya untuk perusahaan yang sudah besar. Namun anggapan itu salah karena ERP lebih baik diterapkan sedini mungkin sehingga bisa memperoleh nilai lebih bagi perusahaan untuk meningkatkan daya saing. Ukirama ERP menyediakan sistem ERP berbasis cloud. Ukirama ERP ini mampu mencatat, menganalisa dan mengatur keuangan dan akuntansi bisnis anda dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan. Beberapa fitur keren dari Ukirama ERP adalah manajemen stok termasuk proses stock opname, pembelian, penjualan, pengelolaan SDM, manufaktur, reparasi hingga sistem akuntansi. Tidak hanya itu, Ukirama ERP juga menampilkan laporan secara terperinci dan terintegrasi termasuk di dalamnya laporan keuangan perusahaan.

0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Blogroll

Popular Posts

animasi

Categories

Blog Archive

Powered by Blogger.

Blog Archive

Search This Blog

BTemplates.com

Blogroll

About

About

Copyright © Materi Pemasaran | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com