Wednesday, October 10, 2018

sistem manajemen usaha kecil

Sistem Manajemen Sederhana Untuk Usaha Kecil Anda

Dalam menjalankan sebuah usaha, Anda tidak bisa mengabaikan sistem manajemen. Meski usaha Anda masih dalam skala kecil sekalipun, Anda tidak bisa mengabaikan sistem manajemen. Karena usaha tanpa sistem manajemen akan berakibat buruk terhadap keberlangsungan usaha. Selain itu, pada tahap lanjut usaha Anda tentu saja diharapkan akan meningkat pada taraf atau skala yang lebih tinggi.
sistem manajemen sederhana untuk usaha kecil anda
Pada tahap lanjut, usaha skala menengah dan skala besar sudah tentu memiliki kompleksitas yang tinggi. Dengan mengawali lebih awal sistem manajemen yang teratur meski masih dalam taraf sederhana, Anda akan lebih mudah mengelola manajemen pada skala lanjut.
Lantas apa saja yang penting Anda pastikan ada dalam sistem manajemen sederhana untuk usaha kecil?
  1. KeuanganSemua usaha pasti menggunakan modal, meski itu hanya dalam jumlah yang kecil. Tapi tanpa pengelolaan dan pencatatan yang teratur, maka keuangan akan kacau dan bisa jadi malah bercampur dengan keuangan rumah tangga. Tanpa Anda sadari modal usaha Anda akan tergerus dan akhirnya operasional tidak bisa berjalan
  2. StokPada usaha dagang dan usaha produksi, satu hal yang harus Anda pastikan selalu dalam pengawasan Anda adalah stok alias gudang. Pastikan Anda memiliki data akan ketersediaan barang dagangan atau bahan baku sesuai kebutuhan. Ukur kebutuhan stok Anda sesuai dengan target penjualan Anda. Pastikan Anda menggunakan stok paling lama bila stok Anda memiliki jadwal kadaluarsa.
  3. MarketingSatu hal lagi yang mutlak Anda lakukan secara tersistem adalah marketing. Apapun cara yang Anda terapkan untuk melakukan promosi dan penjualan, lakukan secara terkontrol, terencana dan tersistem. Marketing yang impulsive bisa berakibat pada kesulitan untuk memenuhi permintaan karena Anda tidak berkoordinasi dengan ketersediaan barang.
  4. Produksi
    Karena usaha Anda masih dalam skala kecil, pada umumnya Anda tidak memiliki banyak karyawan. Kadang malah Anda tidak memiliki karyawan. Bila karyawan Anda mencapai lebih dari 10 orang maka Anda perlu mengelola karyawan Anda secara lebih teratur. Tapi untuk tahap awal Anda cukup fokus pada produksi dan menyatukan sistem dalam mengelola karyawan dengan produksi. Disini fokus Anda adalah waktu produksi, jumlah produksi, biaya produksi, sistem pelaksanaan produksi dan hal-hal yang perlu Anda rencanakan dan control dana pengaturan produksi.
Itulah 4 hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan sistem manajemen sederhana, terutama untuk usaha kecil yang Anda rintis. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Blogroll

Popular Posts

animasi

Categories

Blog Archive

Powered by Blogger.

Blog Archive

Search This Blog

BTemplates.com

Blogroll

About

About

Copyright © Materi Pemasaran | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com